Wednesday, February 5, 2014

flek hitam pada kulit


Bermasalah dengan kulit ? 
sering bertanya-tanya, Bagaimana cara menghilangkan flek hitam ? atau apa penyebab flek hitam pada kulit ?
mari kita simak artikel ini untuk mendapatkan jawabannya yang dikutip dari yahoo.com

Akhir-akhir ini kita sering disuguhkan dengan iklan perawatan kulit yang menampilkan wanita berkulit putih. Tampak cantik? Tentu! Tetapi Anda harus ingat bahwa sebagian besar wanita Indonesia terlahir dengan kulit berwarna sawo matang. Apakah cantik juga? Pasti! Sesungguhnya, apapun warna kulit Anda, selama dirawat dengan baik dan benar pasti akan menambah penampilan terlihat lebih berkesan.
Dari Mana Flek Berasal?
•    Polusi udara dan radikal bebas di sekitar kita sangat mempengaruhi kondisi kulit. Jadi, idealnya merawat wajah penting dilakukan sejak dini.
•    Sinar matahari juga berpengaruh munculnya flek pada wajah. Nah, bagi yang sering beraktivitas di luar ruangan, khususnya pada pagi hingga siang hari, sebaiknya selalu simpan pelembab atau krim tabir surya di dalam tas Anda, lalu oleskan pada wajah dan seluruh tubuh. Gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30. Ingat! Sinar radiasi ultraviolet mampu menembus pakaian hingga ke kulit.
•    Bekas jerawat menjadi penyebab lain timbulnya flek.Hindari jemari menyentuh jerawat, biarkan saja jerawat pecah dengan sendirinya. Untuk jerawat membandel segera konsultasi ke dokter
Kiat Jitu Memudarkan Flek
Bukan sekedar ditutupi dengan concealar dan foundation, tetapi segera lakukan sesuatu untuk membantu memudarkan flek hitam. Jika dibiarkan terlalu lama, flek tersebut kian menebal dan semakin sulit dihilangkan.
Berikut tip-tip dari Beautiplan:
1.    Tindakan Alami
•    Oleskan wajah dengan perasan jeruk lemon, diamkan selama 10-15 menit, berguna memudarkan warna flek dan mengusir sel-sel kulit mati.
•    Rendam kantong teh hijau, yang mampu menetralkan warna kulit, di dalam air mendidih selama 3-5 menit, lalu peras ke atas kapas dan oleskan pada wajah, lakukan 2 kali sehari.
•    Pecahkan kapsul gel vitamin E dan oleskan cairan tersebut tepat di atas flek, lakukan pada malam hari.
2.    Produk Perawatan
•    Pilih produk pelembab yang mengandung Retinoid, guna menghaluskan kulit dan memudarkan flek.
•    Gunakan krim wajah yang mengandung Keratin kaya protein, khasiatnya bisa membantu mengatasi masalah flek wajah.
•    Oleskan body lotion yang mengandung shea butter. Krim jenis ini bisa membantu mencegah terjadinya hiperpigmentasi akibat sinar radiasi UV.
•    Pilih produk yang mengandung bahan kimia kojic acid, azaleic acid, hydroquinone dan vitamin C, tetapi sebelum itu konsultasikan terlebih dahulu ke dokter spesialis kulit agar tidak terjadi kesalahan penggunaan.
3.    Perawatan Spesial
•    Jika flek sudah menebal dan menahun, ambil tindakan lebih lanjut dengan perawatan intensif dari dokter spesialis seperti Laser Treatment, Microdermabrasion, Chemical Peeling, Cryotherapy.
•    Plus, hindari kontak langsung dengan paparan sinar matahari selama seminggu. Gunakan topi lebar atau payung untuk menutupi wajah Anda.
Tindakan Pencegahan
Seperti yang kita ketahui bahwa pencegahan lebih baik dari pengobatan, berikut tindakan untuk menjaga kulit tetap sehat:
1.    Perhatikan Menu Makanan. Sebaiknya hindari makanan berlemak, sebab semakin usia bertambah proses metabolisme pun semakin lambat. Tiada yang lebih baik selain sayur dan buah, bukan?
2.    Minum Air Putih yang Banyak. Ingat! Minumlah 8 gelas sehari agar kulit tetap lembab. Sebagai alternatif, Anda juga bisa konsumsi teh hijau yang kaya akan antioksidan. Hindari minuman berkadar gula tinggi dan alkohol.
3.    Olahraga. Keringat yang keluar saat berolahraga bisa mendorong keluar lemak yang menyumbat pori-pori, menjaga sistem metabolisme, detoksifikasi, mengatasi stres yang melanda pikiran dan membuat tubuh kembali bugar.
4.    Istirahat Cukup. Kurangnya istirahat dapat menyebabkan kantung mata yang bisa membuat wajah terlihat kusam. Untuk itu, pastikan Anda tidur selama 8 jam sehari ya ladies.
Dear Beauty Lovers, warna kulit cerah selalu enak dipandang. Namun, kondisi kulit tersebut bisa kita miliki selama mau menyediakan waktu untuk melakukan perawatan ekstra.Yup, semoga bermanfaat ya! 

0 comments:

Post a Comment